3 Ch Sensor DS18B20 Arduino

Alhamdulillah akhirnya diberi kesempatan juga untuk menunaikan janji saya. Ya, pada postingan sebelumnya “Monitoring Suhu dengan Arduino dan DS18B20” kami sampaikan akan membuat aplikasi sensor DS18B20 Arduino dengan jumlah sensor lebih dari 1. Kali ini kita buat 3 buah sensor. Mengenali sensor suhu DS18B20 silakan cek datasheet langsung. Sebagai pengingat saja berikut ini spesifikasi dasarnya :

  • Power supply : 3V – 5,5 V
  • Konsumsi arus : 1 mA
  • Range suhu : -55 sampai 1250C
  • Akurasi : ±0,5%
  • Resolusi : 9 – 12 bit
  • Waktu konversi : < 750 ms

Kita lihat lagi juga fisiknya, hampir sama dengan sensor suhu LM35. Terdiri dari 3 pin/kaki.  Ketiga kaki/pin sensor suhu DS18B20 fungsinya juga hampir sama dengan LM35. Kaki nomor 1 sebagai input tegangan (5V), kaki tengah data output dan kaki ke-3 sebagai ground.

Sensor DS18B20

System  komunikasi data sensor suhu DS18B20 memakai One Wire. Jadi cukup 1 jalur saja, tentu ini akan menghemat pemakaian pin di Arduino. Untuk jumlah sensor lebih dari 1 maka jalur data tetap menjadi 1 (saling terhubung). Pada bagian ujung sensor tetapi diberi resistor sebagai pullup, nilainya 4K7 ohm.

Baik, sekarang kita siapkan saja kebutuhan komponen untuk membuat aplikasi sensor DS18B20 Arduino ini. Aplikasi yang akan kita buat berupa monitoring 3 sensor suhu DS18B20 kemudian hasilnya kita tampilkan ke Serial Monitor.

  • Arduino UNO (1)
  • Sensor suhu DS18B20 (3)
  • Resistor 4K7 (1)
  • Kabel konektor

Cara menyambung 3 sensor suhu DS18B20 dengan Arduino UNO juga sangat mudah, cukup kaki tegangan (Vcc dan Gnd) hubungkan dengan 5V dan GND Arduino UNO kemudian kaki data out hubungkan dengan salah satu pin digital , bebas mau pin mana saja boleh. Masing – masing pin data dari ke-3 sensor DS18B20 terhubung menjadi 1 jalur.

Pemrograman sensor DS18B20 Arduino.

Sekarang kita masuk ke pemrograman  3 sensor DS18B20 dengan Arduino UNO. Cukup siapkan library Arduino untuk pembacaan sensor suhu DS18B20. Jika belum punya silakan download suhu disini Library DS18B20. Ok, selanjutnya letakkan di folder libraries dimana anda menyimpan aplikasi Arduino IDE atau dari menu Sketch -> Include Library -> Manage Libraries…

Ok sekarang kita mulai membuat programnya, buka lembar kerja baru di Arduino IDE kemudian ketik program berikut :

Setelah ditulis kemudian simpan (Save) kemudian Upload ke Arduino IDE, lihat hasilnya di Serial Monitor, dari menu Tools -> Serial Monitor, seting baudrate pada 9600 bps.

Silakan beri perubahan suhu pada masing – masing sensor dan amati perubahannya. Bisa dengan memegang ujung sensor dengan tangan atau mendekatkan ujung solder. Jika normal maka hasil pembacaan sensor juga akan berubah (menjadi tambah panas).

Secara umum program masih sama dengan sebelumnya, hanya ada tambahan untuk membaca data di masing – masing sensor. Perintah untuk membaca data suhu juga mudah :
sensors.getTempCByIndex(x) , dengan x merupakan nomor sensor yang dimulai dari indeks 0 (sensor 1).

Sehingga untuk mendapatkan data suhu di sensor 1 :

Untuk mendapatkan data suhu di sensor 2 :

Sedangkan untuk mendapatkan data suhu di sensor 3 :

Ok, sekian dulu ya untuk monitoring suhu dengan 3 channel sensor suhu DS18B20 dan Arduino UNO. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *