Traffic Light Controller dengan Arduino UNO

Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu lagi dengan mimin Ardutech … Kesempatan baik ini kita manfaatkan untuk membuat proyek Arduino UNO, yang ringan – ringan saja ya, kita buat Trafiic Light Controller dengan Arduino UNO. Sebenarnya bukan traffic light alias lampu ‘bangjo’ beneran, lebih tepatnya simulator, yang terdiri dari LED disusun menyerupai system lampu lalu lintas.

Komponen yang diperlukan untuk membuat traffic light controller dengan Arduino UNO tidaklah banyak, seperti daftar berikut :

  • Arduino UNO (1)
  • LED merah 5mm (4)
  • LED kuning 5 mm (4)
  • LED hijau 5 mm (4)
  • Resistor 330 Ohm (12)

Selanjutnya kita buat rangkaian traffic light controller dengan Arduino UNO.

Masing – masing kaki anoda LED terhubung ke pin Arduino UNO sehingga untuk control LED cukup dengan memberi logika ‘1’ maka LED nyala (aktif HIGH) dan untuk mematikan LED cukup dengan memberi logika ‘0’.

Sebelum masuk ke pembuatan program lampu lalu lintas dengan Arduino, sebaiknya dibuat dulu flow chart atau alur programnya. Jika kita masih pemula, saya sarankan anda membuatnya terlebih dahulu, fungsi flow chart untuk menuntun kita step by step dalam membuat program.  Berikut ini contoh flow chart Arduino untuk traffic light controller.

Setelah flow chart dibuat, berikutnya kita buat programnya dengan Arduino IDE. Program Arduino untuk simulator lampu merah seperti pada program berikut ini :

Setelah program dibuat dengan Arduino IDE berikutnya simpan (Save) kemudian Upload ke Arduino UNO. Hasilnya LED akan ‘nyala’ dan ‘padam’ seperti pada system lampu merah di per-empat-an jalan. Pertama yang nyala adalah lampu Hijau 1, Merah 2, Merah 3 dan Merah 4 (ruas jalan 1 HIJAU/JALAN).

Berikutnya yang nyala lampu Kuning 1, Merah 2, Merah 3 dan Merah 4 (ruas jalan 1 KUNING/HATI – HATI)

Kemudian lampu Merah 1, Hijau 2, Merah 3, dan Merah 4 (ruas jalan 1 HIJAU/JALAN)

Demikian seterusnya sampai ruas jalan 4 dan berputar lagi. Alhamdulillah selesai sudah aplikasi Arduino membuat traffic light controller dengan Arduino UNO. Semoga bermanfaat.

One thought on “Traffic Light Controller dengan Arduino UNO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *