Kontrol LED dengan Arduino dan Tombol

Hai sahabat ardutech, apakah siap belajar Arduino lagi? Kali ini kita akan mecoba membuat project Arduino sederhana dengan bahan dasar LED , tombol dan Arduino tentunya. Project ini sangat cocok bagi kalian yang masih newbie dalam Arduino. Fungsi tombol untuk membuat delay waktunya, tombol 1 untuk memperlambat dan tombol 2 untuk mempercepat delay-nya. Yuk kita persiapkan dulu bahannya apa saja:

  • Arduino UNO (bisa juga tipe lain) : 1
  • LED : 2
  • Tombol tact switch : 2
  • Resistor 330Ω : 2
  • Breadboard : 1
  • Kabel jumper male to male : 7

Selanjutnya sahabat ardutech bisa buat koneksi komponen tersebut menjadi sebuah rangkaian seperti skematik dibawah ini:

Rangkaian hardware Arduino hasilnya seperti ini:

Ada syarat yang harus kita penuhi sebelum kita memulai ke pemrograman Arduino, yaitu driver Arduino harus sudah kita install pada laptop jika belum, sahabat bisa buka artikel Panduan Lengkap Instalasi Arduino di postingan kami sebelumnya. Syarat berikutnya adalah software Arduino IDE untuk mengetik programnya.

Jika hardware sudah sahabat install dan kedua syarat tersebut sudah terpenuhi, yuk langung saja kita buat programnya. Jalankan Arduino IDE kemudian anda ketik program dibawah ini, setelah Anda ketik save kemudain upload ke Arduino.

Jika sudah kita jalankan Arduino-nya, hasilnya seperti pada gambar ini ya :

 

Pada program tersebut LED akan berkedip bergantian, pada saat LED 1 menyala maka LED 2 padam dan sebaliknya pada saat LED 1 padam LED 2 menyala. Jeda delay atau penundaan awal 500mS berdasarkan pemberian nilai awal pada pendeklarasian variable tunda. LED akan berkedip cepat apabila tombol 2 ditekan dan akan melambat apabila tombol 1 ditekan.

Sangat mudah bukan sahabat ardutech? Pada prinsipnya program tersebut merubah nilai tunda/delay dengan memanfaatkan tombol 1 sebagai penambah waktu tunda dan tombol 2 sebagai pengurang kecepatan tunda sehingga LED berkedip cepat.

Silahkan sahabat coba praktekkan, jika artikel ini bermanfaat silahkan sahabat share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *