Cara Menyambung Keypad dengan Mikrokontroler

Keypad merupakan piranti input pada system mikrokontroler. Biasanya dipakai untuk memasukkan nilai atau parameter seperti Set Point ke dalam alat mikrokontroler. Contohnya alat kontrol suhu otomatis, jika suhu > Set Point maka pemanas akan OFF dan jika suhu< Set Point maka pemanas akan ON. Nah Set Point tadi dapat bernilai 45 derajat Celcius atau 75 derajat Celcius, untuk mengganti nilai Set Point kita dapat memakai keypad.

Pada aplikasi mikrokontroler umumnya dikenal 2 jenis keypad berdasarkan bahan ‘fisik’nya : keypad rubber dan keypad membrane. Jenis keypad membrane lebih tipis dengan harga lebih murah. Ukuran keypad juga beragam dan secara umum yang dipakai pada aplikasi mikrokontroler ada 2 ukuran :

  • Keypad 3×4 (membrane/rubber)
  • Keypad 4×4 (membrane/rubber)

Keypad ukuran 3×4 mempunyai 12 tombol dengan pin konektor berjumlah 7 pin. Keypad sendiri sebenarnya tombol/saklar yang disusun secara matrik (baris x kolom). Keterangan pin/kaki keypad untuk masing – masing jenis keypad dapat dilihat pada gambar berikut.

Koneksi pin keypad ini penting ketika kita akan memakainya untuk aplikasi mikrokontroler karena ketika membuat program mikrokontroler untuk akses keypad harus memperhatikan rangkaian pin keypad dengan pin mikrokontrolernya.

Cara menyambung keypad dengan mikrokontroler juga mudah, tinggal kita hubungkan masing – masing pin keypad ke pin mikrokontroler yang dipilih, tidak ada ketentuan khusus pin mana yang harus dipakai. Rangkaian mikrokontroler dengan keypad saya berikan contohnya pada gambar berikut.

Nah kalau sudah disambung antara keypad dengan mikrokontroler selanjutnya tinggal pemrogramannya. Pada kesempatan mendatang Insya Allah kami berikan contoh pemrograman keypad dengan mikrokontroler. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *