Belajar Arduino untuk Pemula

Arduino memang menarik untuk kita pelajari. Proyek dan aplikasi Arduino yang semakin beragam menandakan kemampuan dari mikrokontroler Arduino untuk ‘bekerja’ sesuai dengan keinginan kita. Bagi sahabat yang masih pemula jangan khwatir, saat ini sudah sangat banyak media yang dapat kita akses untuk mempelajari Arduino.

Pada kesempatan kali ini, kita akan sampaikan bagaimana belajar Arduino untuk pemula. Cukup siapkan beberapa perangkat saja :

  • Komputer/laptop (OS Windows, Linux atau Mac OS X)
  • Arduino IDE (Software untuk membuat program Arduino). Silakan download (free) di web resmi Arduino (https://www.arduino.cc/en/Main/Software) . Sahabat dapat memilih versi Installer (install program ) atau versi Zip (tinggal jalankan file .exe dari folder)
  • Arduino UNO + Kabel USB.

Ok , langkah pertama anda download terlebih dahulu software Arduino IDE, saya tunggu ya … Sudah ? Selanjutnya jalankan programnya. Jika anda menginstal program Arduino (pilihan pertama ketika download Arduino IDE) maka tinggal jalankan ‘Shortcut Arduino’ dari layar computer anda.

Tetapi jika anda download file Zip, maka jalankan file Arduino.exe dari folder dimana anda menyimpannya. Tinggal klik 2x.

Setelah dijalankan tunggu sampai tampil Arduino IDE.

Berikutnya colokkan (sambungkan) Arduino UNO ke port USB komputer melalui kabel USB.

Cek apakah Arduino sudah terdeteksi di computer. Secara umum ketika kita menginstal program Arduino IDE sudah termasuk instalasi driver Arduino, jadi sudah langsung terdeteksi. Dari menu Tools –> Port –> COM51 (Arduino/Genuino Uno). Untuk nomor port tiap komputer berbeda, pada contoh ini nomornya 51.

Jika belum terdeteksi, install driver Arduino melalui Device Manager kemudian update driver. File driver dapat mengambil dari folder ‘drivers’.

Klik (pilih) nomor com yang dipakai Arduino UNO, pada contoh ini tadi berada di com 51.

Berikutnya kita pilih Board atau jenis Arduino-nya, karena jenis Arduino kan banyak, jadi Arduino IDE ini harus sesuai dengan Arduino yang akan diprogram. Kita pilih Board Arduino UNO. Dari menu Tools –> Board : –> Arduino /Genuino UNO.

Ok, Arduino Uno dan Arduino IDE sudah siap kita pakai untuk belajar Arduino. Pertamakali kita coba test apakah Arduino IDE dapat melakukan proses Upload (mengisi program) ke Arduino.

Dari Menu File –> Examples –> 01.Basics –> Blink maka muncul Arduino IDE dengan isi sebuah program (source code), kita belum masuk pembahasan programnya dulu ya…

Selanjutnya program tersebut kita isikan ke Arduino UNO, klik Toolbar “Upload” (nomor 2 dari kiri, tanda anak panah ke kanan). Tunggu sampai proses Upload selesai.

Jika sukses maka pada bagian bawah Arduino IDE akan muncul pesan “Done uploading” dan di board Arduino UNO terlihat LED kuning berkedip.

Baik untuk sementara kita cukupkan dulu belajar Arduino untuk pemula ini. Jadi yang penting anda sudah punya perangkatnya (software Arduino IDE + Arduino UNO) dan sudah memastikan perangkatnya berjalan normal. Di kesempatan berikutnya Insya Allah kita lanjutkan pembahasannya tentang Pemrograman Dasar Arduino untuk Pemula.

9 thoughts on “Belajar Arduino untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *