Kursus IoT Internet of Things Gratis Ardutech Jogja

Alhamdulillah akhirnya selesai sudah rangkaian pekan kursus gratis dalam kegiatan pendamping ‘peresmian’ ardutech Jogja. Setelah sebelumnya diselenggarakan kursus Arduino gratis, 2 hari kemarin tanggal 19 & 20 Februari 2020 full kursus IoT – Internet of Things bertempat di ruang pelatihan ardutech Jogja.

Peserta  cukup beragam, ada yang guru SMK, dosen, praktisi dan hobbies. Materi yang dipelajari mulai dari dasar – dasar IoT, sistem IoT, NodeMCU sebagai development module proyek IoT, pemrograman NodeMCU. Proyek yang dibuat mulai dari control LED dengan Android via WiFi, control relay dengan Telegram, control relay dengan Blynk, monitoring suhu via internet, ThingSpeak serta proyek unggulan : “Smart Home” control dan monitoring kondisi rumah via HP Android.

Menghadapi era industry 4.0 dengan salah satu komponen pendukungnya adalah IoT (Internet of Things) maka sudah menjadi ‘tuntutan’ terutama para ‘insan pendidikan teknik’ untuk minimal mengerti dan terlebih lagi dapat memahami apa itu IoT, bagaimana sistemnya, aplikasi serta pengembangannya. Ardutech tergerak untuk berkontribusi didalamnya dengan salah program kursus IoT (Internet of Things) ini.

Di akhir sesi para peserta mengapresiasi atas terselenggaranya kursus IoT kali ini di ardutech Jogja. “Sangat apresiasi atas kegiatan kursus IoT gratis ini sehingga kami dapat pengetahuan baru tentang IoT”, kata pak Nungki seorang praktisi dari Klaten. “Bagus, materi selalu up to date sesuai perkembangan teknilogi terkini”, kesan bapak Fandhi yang juga pengajar di SMKN 1 Ngawi.

Kami juga menyampaikan terimakasih atas partisipasi peserta dalam kegiatan ini, serta para teman – teman SMK yang sedang prakerin atas segala bantuannya. Semoga kegiatan kita menambah kemanfaatan untuk bersama.

Ardutech – “ Sahabat Inovasi Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *