Pemrograman Arduino Dasar SMK Muh Rembang

Arduino dan teknologinya semakin diminati kalangan pelajar, terutama dari siswa SMK, tak ketinggalan pula SMK di kawasan Pantura yaitu SMK Muhammadiyah Rembang. Alhamdulillah tim Ardutech (Inkubatek Jogja) berkesempatan diundang oleh pihak SMK untuk menyelenggarakan acara “One Day with Arduino“, pemrograman dasar Arduino selama sehari.

Seteleh melewati 7 kota, terhitung dari Jogja – Klaten – Boyolali – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang Alhamdulillah sampai juga tim Ardutech (Inkubatek Jogja) di SMK Muhammadiyah Rembang. Disambut ramah oleh bapak Kepala Sekolah SMK Muh Rembang dan bapak guru Hasan Chasbullah, kemudian kami menuju ruangan yang sudah disiapkan untuk kegiatan sehari “One Day with Arduino“.

 

Bapak kepala sekolah menyampaikan sangat senang dengan kegiatan ini yang tentu akan menambah pengetahuan dan ketrampilan siswa terutama dalam bidang pemrograman Arduino. Para siswa juga terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir sesi, mereka mempelajari tentang dasar – dasar Arduino, cara memprogram Arduino, digital output, membuat program Traffic Light Simulator, digital input sampai serial komunikasi Arduino dengan komputer.

Pada akhir sesi “One Day with Arduino” para siswa juga diberikan materi tentang Robot terkontrol Android, yaitu robot mobile dengan Arduino ditambah modul Bluetooth kemudian dikontrol gerakannya melalui HP Android.

Bapak Aan selaku Ketua Jurusan TKJ SMK MUHAMADIYAH REMBANG mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Inkubatek (Ardutech) yg mengadakan acara workshop Arduino yang sangat bermanfaat bagi siswa dikarenakan kemajuan teknologi yg berhubungan dg iot Arduino. “Kami harapkan setiap tahun mengadakan pelatihan di sekolah kami,  Alhamdulillah kami diberikan kesempatan menjadi tuan rumah program workshop One Day With Arduino yang diadakan secara GRATIS Oleh inkubatek jogja dan sangat bermanfaat ntuk siswa,terimakasih Inkubatek” tutup pak Aan.

Menjelang jam 17.00 WIB kegiatan ini selesai , kemudian ditutup dengan penyerahan Sertifikat Pemrograman Dasar Arduino kepada para peserta.

Kami hanya berharap semoga ilmu dan ketrampilan yang telah diterima menjadi ilmu dan ketrampilan yang bermanfaat untuk kebaikan.

Bagi sekolah lain yang tertarik dengan kegiatan “One Day with Arduino” ini silakan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut dan jadwal kegiatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *